SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Wednesday, 24 10 2018 October 2018 >

Diterbitkan :
Kategori : ARTIKEL & KAJIAN ISLAM / Slide
Komentar : 0 komentar

Larangan Sholat di Kuburan atau Menghadap Kuburan
〰〰〰〰〰〰〰〰
Taklim Kitab
Qoulul Mubin fi Akhthoil Musholin
Karya Syekh :
Masyhur Hasan Salman
Masjid Raudhatul Jannah
Ustadz : Zamzami Juned, Lc,
Ahad 23 Robiul Awal 1439/ 11 Desember 2017.

➖➖➖➖➖➖➖➖
Sesungguhnya seluruh permukaan bumi adalah suci dan bisa dijadikan tempat sujud, kecuali dua tempat. Yakni kuburan dan kamar mandi.

الْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلَّا الْمَقْبَرَةَ وَالْحَمَّامَ

Bumi seluruhnya adalah masjid (tempat untuk shalat), kecuali kuburan dan kamar mandi. [HR. Ahmad (XVIII/312 no. 11788)

لَا تَجْلِسُوا عَلَى الْقُبُورِ وَلَا تُصَلُّوا إِلَيْهَا

Janganlah duduk di atas kuburan dan jangan shalat menghadapnya. [Muslim (II/668 no. 972)

Hadist mengenai larangan mendirikan sholat di kuburan atau menghadap kuburan atau di tempat-tempat yang ada kuburannya masih banyak. Larangan ini sebagai bagian dari menolak mengikuti kebiasaan orang-orang Yahudi. Mereka suka menjadikan makam nabi dan pemuka agamanya sebagai tempat ibadah.

قَاتَلَ اللَّهُ الْيَهُودَ؛ اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ

Semoga Allâh membinasakan kaum Yahudi. Mereka menjadikan kuburan para nabi mereka sebagai masjid. [HR. Bukhari (I/531 no. 437) dan Muslim (I/376 no. 530)

Nabi Muhammad bahkan selalu berdoa agar makamnya tidak dijadikan tempat ibadah.

اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ قَبْرِي وَثَنًا يُعْبَدُ، اشْتَدَّ غَضَبُ اللَّهِ عَلَى قَوْمٍ اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ

Ya Allâh, janganlah Engkau jadikan kuburanku berhala yang disembah. Allâh sangat murka kepada kaum yang menjadikan kuburan para nabi mereka masjid [16]

Lantas bagaimana dengan kondisi sekarang, di mana makam Nabi Muhammad sekarang berada dalam Masjid Nabawi? Kondisi ini tidak bisa dijadikan dalil bolehnya ada makam di dalam masjid, karena kondisi ini adalah kesalahan yang tidak disepakati para tabi’in ketika keputusan tersebut dilakukan penguasa.

Adalah Khalifah Al Walid Ibnu Abdul Malik, penguasa yang melakukan pelebaran besar-besaran Masjid Nabawi dan memutuskan memasukan makam Nabi dalam komplek masjid pada tahun 94 Hijriyah. Keputusan tersebut ditolak para tabi’in, seperti Said bin Al Musyayyib.

Harus jadi patokan, awalnya makam Nabi berada di luar masjid, di dalam kamar, di dalam rumah Nabi. Adalah ketentuan syariat, setiap nabi dimakamkan di mana diwafatkan. Itu jugalah yang dilakukan terhadap Nabi Muhammad saat meninggal di pangkuan Aisya, maka dimakamkan di sana.

⚠ Sholat di Masjid Nabawi tetap dibolehkan meskipun di dalamnya ada makam Nabi, Abu Bakar dan Umar, karena masjid tersebut memiliki kekhususan dan kemuliaan, yakni 1000 kali dibandingkan masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram.

↔Kaidahnya, menurut Ibnu Taimiyah, sholat di waktu-waktu terlarang tetap boleh jika ada alasannya. Misalnya, seseorang masuk masjid selepas Ashar, dia tetap boleh mengerjakan sholat sunnah. Demikian juga dengan sholat di Masjid Nabawi, boleh karena ada kekhususan tempat tersebut. Sementara larangan sholat di masjid yang ada kuburannya selain Masjid Nabawi bersifat mutlak.

❎ Maka setiap muslim harus menghindari sholat di kuburan atau di tempat-tempat yang ada makam atau kuburan di dalamnya, terutama yang posisi kuburannya berada di arah kiblat. Hukumnya haram dan bisa menjadi sebab sholat tidak sah karenanya.*

➖➖➖➖▪▪➖➖➖➖
Ingin ikut andil dalam menyebarkan dakwah Islam ?

Share Tulisan ini
dan Ikuti Akun sosial Media Erje Media.

▶ Subscribe channel Youtube Erje.TV
~~~~
▶ https://www.youtube.com/c/erjetv/

Like Facebook Fanspage Erje.TV
~~* *~~

https://www.facebook.com/erjemedia/

Follow Instagram Erje.TV
~~~~

https://www.instagram.com/erjetv/

Semoga menjadi Amal jariah untuk anda.

جزاكم الله خيرا

بارك الله فيك

SebelumnyaMau Mendapatkan update seluruh kajian di Masjid Raudhatul Jannah..? Sesudahnya|KITAB MINHAJUL MUSLIMIN|Adab anak kepada orangtuanya
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439 TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN KHUSUS PRIA/IKHWAN TAHSIN KHUSUS RAMADHAN Program belajar membaca Alquran untuk pemula kembali dibuka khusus kelas Ramadhan di Masjid Raudhatul Jannah Islamic Center Pekanbaru Pilihan Hari : Senin...


TINGGALKAN KOMENTAR