Berita Terkini
Jangan Salah Paham Dengan Definisi Zuhud

Jangan Salah Paham Dengan Definisi Zuhud

Apakah Syariat membenarkan kita menjalani pola hidup Zuhud seperti para Sahabat seperti Zuhudnya Abu ubaidah bin jarroh sementara kita diberikan Allah kelebihan dalam harta ?

 

Apakah Utsman bin Affan tidak Zuhud ?? karena Utsman memiliki harta yang sangat banyak, sedangkan Abu ubaidah bin jarroh yang hidupnya serba seadanya.

Sesungguhnya Zuhud itu bukan hanya untuk orang yang memiliki hidup seadanya, karena Utsman bin affan sebagai orang yang mempunyai banyak harta juga Zuhud. Karena patokan orang yang zuhud itu adalah harta tidak lagi menguasai hati yang dapat mengarahkan ke perbuatan-perbuatan maksiat.

 

Soal harta di nikmati boleh-boleh saja, karena dunia beserta isinya diciptakan untuk manusia, sehingga ketika dinikmati dengan jalan yang halal, didapatkan dengan jalan yang halal, dibelanjakan dengan jalan yang halal, semuanya sah secara syariat, dan Allah Subhanahu Wata’ala Ridho, dan yang Allah ridhoi tidak bertentangan dengan Zuhud.

Jadi jangan dikira Zuhud adalah dengan hidup seadanya.

 

Salah seorang tabi’in bernama Abdullah bin mubarok al marwazi rahimahullah, seorang saudagar kaya dan bisnis yang sangat besar, namun kata istrinya ia rajin berpuasa padahal ia bisa menikmati setiap hari dengan makanan selezat apapun dan ia tak ingin memakan makanan lezat kecuali bersama tamu. Ini menunjukan bahwa Zuhud bukan hanya untuk orang yang pas pas an atau sederhana.

 

Seandainya ada saudagar kaya yang sudah Zuhud tapi ingin menginfakkan seluruh hartanya sehingga ia menjadi hudup yang pas pasan dan sederhana, ini jauh lebih baik dan sempurna seperti yang dilakukan Nabi kita Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam , dan bukan berarti hal seperti ini baru Zuhud, karena Zuhud nya sudah dari awal sebelum ia menginfakkan hartanya. Jadi jangan pahami Zuhud itu habis kan harta.

 

Sumber :

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>