SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Wednesday, 24 10 2018 October 2018 >

Diterbitkan :
Kategori : ARTIKEL & KAJIAN ISLAM / Slide
Komentar : 0 komentar

Taklim Ustadz Abu Ahmad Fairuz Ridwan, MA di Masjid RJ, Ahad 22 Robiul Awal 1439/ 11 Des 2017

Hidayah Harus Diminta dan Diperjuangkan

✔ Kesempurnaan hidayah adalah gabungan dari ilmu yang benar dengan amal yang sholeh.
– Ada kelompok yang Allah amanahkan ilmu padanya. Benar kadar ilmunya, namun ia tidak mengamalkan kebenaran ilmu yang dimilikinya. Maka, mereka ini sudah mendapat hidayah, tapi belum sempurna. Mereka ini seperti kaum Yahudi.
– Kelompok lain adalah mereka yang sangat rajin beribadah, tetapi salah dalam bentuk dan cara melakukannya. Mereka beribadah tanpa dasar wahyu. Tanpa ilmu. Mereka ini sudah dapat hidayah tapi belum lengkap. Mereka ini seperti kaum Nasrani.

Hidayah Harus Diperjuangkan

– Kebutuhan manusia terhadap hidayah Allah sangat mutlak. Tanpa hidayah maka hidup binasa. Karena itu, hidayah harus diperjuangkan. Diminta pada Allah dengan penuh harap dan diusahakan dengan sungguh-sungguh. Seperti yang berulang kali kita minta pada Allah:

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ}

“Berikanlah kepada kami hidayah ke jalan yang lurus”.

Jenis Hidayah

1. Hidayah Umum

Hidayah ini diberikan Allah kepada seluruh mahluk. Diberikan sebagai naluriyah menjalani hidup. Hidayah untuk bekerja dan lain sebagainya.

{قَال َرَبُّنَا الَّذِي أَعْطَى كُلَّ شَيْءٍ خَلْقَهُ ثُمَّ هَدَى}

“Musa berkata: “Rabb kami (Allah Ta’ala) ialah (Rabb) yang telah memberikan kepada setiap makhluk bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk” (QS Thaahaa: 50).

2. Hidayah Taufik

Hidayah ini mutlak milik Allah dan hanya diberikan kepada mereka yang Allah kehendaki.

فإن الله يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ فَلا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ}

“Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi hidayah (taufik) kepada siapa yang dikehendaki-Nya” (QS Faathir: 8).

– Karena hidayah taufik mutlak milik Allah, maka Nabi Muhammad pun tak mampu memberikannya pada pamannya Abu Tholib. Demikian juga Nabi Nuh dan Nabi Luth yang tak berdaya menghalangi istri dan anaknya mengingkari Allah.

3. Hidayah Al Bayan

Hidayah ini milik para nabi untuk menyeru manusia menuju ridho Allah.
وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ}

“Sesungguhnya engkau (wahai Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam) benar-benar memberi petunjuk (penjelasan dan bimbingan) kepada jalan yang lurus” (QS asy-Syuuraa: 52).

Tingkatan hidayah.

1. Hidayah Islam

– Banyak manusia Allah pilih mendapat hidayah masuk Islam, namun belum baik atau belum sempurna menjalankan syariat.

2. Hidayah Sunnah

– Di atas hidayah Islam adalah hidayah sunnah. Pemberian Allah pada mereka yang dikehemdaki sangat mencintai Sunnah Nabi dan mengamalkannya.
Hidayah sunnah ini bukan tergantung ilmu. Justru ada keadaan di mana ilmu menjadi penghalang hidayah sunnah.

3. Surga sebagai Puncak Hidayah

– Surga adalah muara dari keridhoan Allah. Mustahil ada manusia masuk ke dalamnya sebelum mendapat ridho Allah. Karena itu, inilah puncak dari hidayah yang Allah berikan pada seorang hamba.

Allah Ta’ala berfirman tentang ucapan penghuni Surga:

{وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ}

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi hidayah kami ke (Surga) ini, dan kami tidak akan mendapat hidayah (ke Surga) kalau sekiranya Allah tidak menunjukkan kami” (QS al-A’raaf: 43).*

ERJE MEDIA

SebelumnyaSaid bin Jubair, Tabi'in Rela Mati di Tangan Penguasa Dholim Demi Akidah SesudahnyaMau Mendapatkan update seluruh kajian di Masjid Raudhatul Jannah..?
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439 TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN KHUSUS PRIA/IKHWAN TAHSIN KHUSUS RAMADHAN Program belajar membaca Alquran untuk pemula kembali dibuka khusus kelas Ramadhan di Masjid Raudhatul Jannah Islamic Center Pekanbaru Pilihan Hari : Senin...


TINGGALKAN KOMENTAR