SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Wednesday, 24 10 2018 October 2018 >

Diterbitkan :
Kategori : ARTIKEL & KAJIAN ISLAM
Komentar : 0 komentar

Cara Dicintai Allah dan Disayangi Manusia
➖➖➖➖➖➖➖➖

Kajian Rutin:
Ustadz: Abdurrahman Keken, Lc
Masjid Raudhatul Jannah
Selasa 25 Robiul Awal 1439/12 Desember 2017.

✔ Nabi Muhammad sholallohu alaihi wassalam memberi kiat jitu. Cara meraih cinta Allah dan disayangi manusia.

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رضي الله عنه قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه و سلم فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ، دُلَّنِيْ عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْـتُـهُ أَحَبَّنِيَ اللَّهُ، وَأَحَبَّنِيَ النَّاسُ. فَقَالَ: “اِزْهَدْ فِيْ الدُّنْـيَا يُحِبَّكَ اللَّهُ، وَازْهَدْ فِيْمَا عِنْدَ النَّاسِ يُحِبَّكَ النَّاسُ.” رَوَاهُ اِبْنُ مَاجَهُ وَسَنَدُهُ حَسَنٌ.

Dari Sahl bin Sa’ad Radiyallahu anhu ia berkata: Seorang sahabat menemui Nabi Sallallahu Alayhi Wasallam dan berkata: “Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu perbuatan yang jika aku lakukan, aku akan dicintai oleh Allah dan manusia.” Beliau bersabda: “Zuhudlah dari dunia, niscaya Allah akan mencintaimu dan zuhudlah dari apa yang ada pada manusia, niscaya mereka akan mencintaimu.” (HR. Ibnu Majah dan lainnya dengan sanad yang hasan).

↔ Ibnu Taimiyah memberi definisi zuhud:
– Meninggalkan apa yang tidak bermanfaat bagi kita di akhirat.
– Meninggalkan apapun yang melaikan kita dari akhirat.

✔ Hadist ini memberikan sejumlah pelajaran.
1. Allah punya cinta.
– Kecintaan Allah bisa pada tempat, seperti masjid, bisa pada amalan, seperti sholat di awal waktu. Cinta Allah juga bisa pada manusia, seperti mereka yang zuhud dari dunia, sebagaimana diajar Nabi dalam hadist di atas.
2. Cinta Allah harus diusahakan
– Mengharapkan cinta Allah tidak bisa pasif. Sekedar menunggu. Tapi harus diusahakan.
3. Boleh mengharapkan cinta manusia.
– Tidak dilarang mengharapkan dan mengusahakan mendapat cinta manusia, selagi caranya tidak bertetangan dengan srariat. Rosul mengajarkan cara meraih cinta manusia dengan zuhud atau tidak menginginkan apa yang ada di tangan orang lain.

✔ Selain zuhud pada dunia, ada sejumlah amal yang juga bisa menjadi jalan meraih cinta Allah. Seperti disampaikan Nabi dalam hadist berikut ini:
عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ وَقَّاصٍ رضي الله عنه قاَلَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم يَقُوْلُ: “إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِيَّ الْغَنِيَّ الخَفِيَّ.” أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash Radiyallahu anhu ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertaqwa, yang merasa cukup, dan yang rajin beribadah secara diam-diam.” (HR. Muslim).

↔ Mereka adalah orang-orang yang bertakwa. Tak sekedar iman, tapi juga mentaati perintah Allah dan meninggalkan larangannya.
– Kedua, orang kaya dalam artian merasa cukup dengan yang Allah bagikan kepadanya.
– Ketiga, mereka yang ketaatannya tersembunyi. Ibadahnya hanya ingin diketahui Allah. Sikap ini tidak berlaku untuk ibadah-ibadah wajib, seperti sholat berjamaah bagi pria, zakat dan haji. Ibadah jenis itu mustahil disembunyikan.*

Sebelumnya|KITAB MINHAJUL MUSLIMIN|Adab anak kepada orangtuanya SesudahnyaPendalaman Makna Surat Al Kafirun
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439 TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN KHUSUS PRIA/IKHWAN TAHSIN KHUSUS RAMADHAN Program belajar membaca Alquran untuk pemula kembali dibuka khusus kelas Ramadhan di Masjid Raudhatul Jannah Islamic Center Pekanbaru Pilihan Hari : Senin...


TINGGALKAN KOMENTAR