SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Friday, 14 12 2018 December 2018 >

IMSYAK 04:29
SUBUH 04:39
DZUHUR 12:01
ASHAR 15:20
MAGHRIB 18:04
ISYA 19:14
Diterbitkan :
Kategori : ARTIKEL & KAJIAN ISLAM / TANYA USTADZ
Komentar : 0 komentar

Seseorang yang tidak berhukum dengan Alquran punya beberapa keadaan, diantara keadaan yang ada, bisa menjerumuskan mereka kepada hukum KUFUR, sehingga mereka bisa berstatus disisi Allah sebagai orang KAFIR (Orang yang tidak berhukum dengan hukum Allah Subhanahu Wata’ala).
Siapa saja mereka yang dapat terjerumus kepada hukum kufur? Yaitu orang yang tidak berhukum terhadap hukum Allah dengan penuh keyakinan bahwa hukum Allah tidak cocok lagi, tidak relevan untuk zaman sekarang, sudah ketinggalan, atau punya keyakinan hukum yang dibuat sekarang, yang dibuat dan dikarang oleh manusia itu lebih baik dari hukum yang berada di dalam Alquran. Maka orang yang seperti ini, Naudzubillah tsumma Naudzubillah , bisa disisi Allah statusnya Kafir Karena telah menentang Allah dan menentang Alquranul Karim.

 

Maka berhati-hatilah manakala kita punya keyakinan bahwa hukum Allah tidak cocok,pantas dan relevan lagi dan tidak mempercayai hukum Alquran di hati kita.

Tapi apa bila hati sangat yakin dan percaya bahwa yang terbaik adalah hukum dari Alquran, dan keadaan yang membuat mereka berhukum selain Alquran, ini namanya Maksiat. Contohnya seperti orang yang sedang minum khamr, tapi dihatinya sangat yakin bahwa khamr itu haram, maka orang itu bermaksiat, begitu sebaliknya jika ada orang yang minum khamr, tapi hatinya menghalal khamr, maka orang itu Kufur. Demikian dengan hukum orang yang tidak shalat sementara di hatinya meyakini bahwa hukum shalat itu adalah wajib, ada khilaf pendapat ulama yang menyatakan kufur atau maksiat, tapi kalau dia benar-benar telah meyakini kalau shalat tidak wajib, maka sepakat para ulama bahwa dia keluar dari islam(kafir/kufur).

 

Tidak semua orang yang berbuat menyelesihi Alquran artinya kafir dengan Alquran, karena bisa saja ada orang berbuat salah tapi dia meyakini kesalahan tersebut maka itu dibilang Maksiat

 

Oleh Ustadz Maududi Abdullah

 

SebelumnyaINSYALLAH DAUROH UMUM "20 LANGKAH UNTUK MENJAUHI DOSA" SesudahnyaJangan Salah Paham Dengan Definisi Zuhud
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439 TAHSIN KHUSUS RAMADHAN 1439
TAHSIN KHUSUS RAMADHAN KHUSUS PRIA/IKHWAN TAHSIN KHUSUS RAMADHAN Program belajar membaca Alquran untuk pemula kembali dibuka khusus kelas Ramadhan di Masjid Raudhatul Jannah Islamic Center Pekanbaru Pilihan Hari : Senin...


TINGGALKAN KOMENTAR